Jumat, 19 Maret 2021

Kewirausahaan Digital

 

Kewirausahaan Digital

            Wirausaha adalah jenis kegiatan usaha yang dikelola oleh seorang wirausahawan yang berani menghadapi segala resiko untuk mendapatkan peluang dalam usahanya. Wirausaha Digital merupakan kegiatan dimana berwirausaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, sebagaimana halnya di era Teknologi 4.0. Sebagai contoh pada PT Indoguna yang merupakan distributor daging dan menggunakan pola bisnis manajemen rantai pasokan khusus makanan. Pada PT Indoguna ini memiliki distribution network atau memiliki cabang di seluruh Indonesia. Untuk melakukan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia, PT Indoguna memanfaatkan teknologi yang ada misalnya dalam hal pengaturan suhu, dimulai dari gudang hingga sampai ke pelanggan, untuk memiliki suhu yang stabil diperlukannya teknologi yang canggih, kedua dalam hal Teknologi Informasi pastinya sudah handal dan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan karena memudahkan proses dalam hal jual-beli yang jumlahnya cukup banyak dan dalam waktu yang singkat. Dan yang terakhir dalam hal pengiriman, di setiap kendaraan yang dimiliki PT Indoguna memiliki pelacak GPS dimana ini dapat berguna untuk melihat kecepatan dari kendaraan tersebut dan juga untuk melacak lokasi terkini dari kendaraan tersebut, hal itu dilakukan agar tidak adanya kecurangan yang mengakibatkan perusahaan tersebut rugi. Strategi bisnis dalam hal bisnis digital, yang pertama focus terhadap kepuasan pelanggan, jika pelanggan merasa belum puas perlu adanya peningkatan lagi karena bagaimana pun juga pelanggan adalah raja, kedua Omnichannel yaitu kegiatan yang menghubungkan antara kegiatan online dan offline, jika ingin bisnis digital pastinya harus memiliki dua kegiatan baik itu secara online ataupun offline untuk mempermudah dalam berbagai hal, Ketiga adalah Bigdata ini diperlukan untuk memprediksi hal kedepan menggunakan kumpulan data-data yang ada, Keempat cybersecurty hal ini penting karena jika kita masuk ke dunia digital pastinya akan terhubung satu sama lain di seluruh dunia dan memiliki risiko yang tinggi cybersecurity diperlukan untuk melindungi informasi bisnis perusahaan, dan yang terakhir Kapabilitas digtal untuk mendukung perusahaan agar bisa dapat masuk ke dunia digital.

            Dari contoh PT Indoguna tersebut kewirausahaan digital itu penting karena dapat mempermudah berbagai hal terutama dalam hal menghubungkan antara satu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan kondisi jarak yang jauh, dan juga untuk mengontrol segala transaksi dari lokasi ke lokasi lain jika tindak menggunakan teknologi digital sangat sulit karena jarak yang cukup jauh, kedua dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan, dengan adanya bantuan big data atau kumpulan data bisa memudahkan perusahaan untuk mengambil langkah yang pasti dan benar, dan untuk menghindari dari kompotitor yang ada, selain itu dengan adanya bigdata memudahkan perusahaan mengetahui kepuasan dari pelanggan, ketiga menggunakan digital marketing dapat memperluas pangsa pasar, baik itu melalui website perusahaan, medial sosial hingga melalui email marketing, jangkauannya pun luas, tidak hanya dapat menjangkau di daerah-daerah sekitar atau dalam negeri saja , bahkan dapat memperluas pangsa pasar di seluruh dunia. Keempat semakin kompetitif di era digital, menggunakan digital marketing ini perusahaan akan dipandang semakin kompetitif dalam menghadapi era digital seperti ini, dengan begitu citra perusahaan pun semakin meningkat bahkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan kerjasama-kerjasama dengan perusahaan atau mitra bisnis lainnya di masa yang akan datang. Dan yang terakhir dengan adanya kewirausahaan digital ini dapat menghemat anggaran pengeluaran dari perusahaan, yang artinya perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan pengiklanan (membuat baliho, dan juga membuat iklan di TV atau siaran yang lainnya).

            Peluang dan Tantangan Bisnis Digital di Indonesia, sebelumnya menurut  penelitian dari IDC Worldbride pada tahun 2015 mengatakan bahwa ada empat indikator untuk memasuki dunia digital, yang pertama adalah mobile internet, kedua cloud technology, ketiga internet of things, dan terakhir bigdata. Indonesia sendiri sudah banyak masyarakatnya yang menggunakan internet via mobile, dan cloud teknologi misalnya pada perusahaan PT Indoguna menggunakan google cloude, alibaba cloud, dan juga Microsoft, jika kita tidak menggunakan cloud data disana pasti akan susah untuk mengkontrol perusahaan cabang yang terletak jauh lokasinya. Internet of things contohnya di PT Indoguna memiliki armada untuk melakukan distribusi dan Internet of things yang menggunakan sensor-sensor yang dapat digunakan untuk mengawasi armada tersebut dan fungsinya untuk menghindari tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Bigdata berguna untuk mengumpulkan data-data yang ada dari tahun sebelumnya, data yang ada digunakan untuk memprediksi bagaimana kedepannya. Dan peluang  di Indonesia adalah pertama harga internet di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan Negara lain, tetapi dengan harga internet yang lebih murah tersebut memiliki kualias yang lebih buruk dibandingkan Negara lain. Selain itu pemerintah sudah melakukan upaya membangun pala paring atau fiber optic di seluruh Indonesia, dimana fiber optic sangat membantu dalam hal meningkatkan suatu jaringan, Pasar di dunia digital Indonesia sendiri merupakan pengguna media sosial serta pengguna internet yang termasuk tertinggi di dunia, selain itu Jakarta dianggap sebagai ibu kota twitter dunia.Dan untuk prospek mahasiswa jika kita ingin menjadi pemimpin di masa depan maka kita harus percaya dengan masa depan seperti apa, contohnya warung pendidikan yang masih ragu untuk menjual buku buku sekolah di online, dan waktu itu pemerintah ada kebijakan bahwasekolah boleh membeli buku itu via online. Jika mahasiswa bisa Membayangkan masa depan seperti apa dia bisa memulai belajar menginvestaiskan waktunya untuk di masa depan dan juga bisa menjadi leader untuk masa depan.

            Kompetensi yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi wirausaha digital diantaranya, komunikasi. Wirausaha harus memiliki komunikasi yang baik untuk menjelaskan ide usahanya serta melakukan promosi ke investor ataupun pelanggan. Komunikasi ini merupakan salah satu kunci suskes dari seorang wirausahawan, Kedua adalah financial. Seorang wirausaha juga harus pintar- pintar dalam mengatur keuangan untuk mengendalikan dana dan arus kas agar tidak terjadi loss. Ketiga yaitu seorang wirausaha harus memiliki merk yang akan dipromosikan ke investor maupun pelanggan. Citra merk juga sangat penting untuk dapat membangun citra perusahaan agar dapat dikenal dan berpengaruh di dunia. Keempat adalah marketing. Jika kita memiliki produk yang berkualitas dan harga yang dapat bersaing namun tidak memiliki kemampuan untuk mempromosikan, maka produk yang kita jual tidak dapat terjual secara optimal. Networking dapat memperkuat pondasi bisnis seorang wirausaha sehingga bisnis kita dapat dikenal oleh banyak orang. Selanjutnya ada design. Seorang wirausaha juga harus bisa merancang dan menampilkan produk yang akan dijual dengan cara yang beda dari yang lain. Yang tidak kalah penting ada automation, merupakan hal yang harus dipelajari dengan menggunakan perangkat lunak. Automation merupakan hal yang penting jika kita ingin menjalankan bisnis secara digital. Selanjutnya ada analytics. Seorang wirausaha juga harus dapat menganalisis untuk dapat membuat keputusan berdasarkan dengan data. Kesembilan ada kemampuan technical walaupun hanya dasar – dasar yang kita ketahui, karena sekarang sudah memasuki era digital. Yang terakhir dan merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang wirausaha adalah learning. Online learning merupakan salah satu keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.

23 komentar:

  1. keren dan bermanfaat banget👍🏻

    BalasHapus
  2. terimakasih utk artikel yg bermanfaat

    BalasHapus
  3. Bagus banget artikelnya, menambah wawasan

    BalasHapus
  4. keren artikelnya! sangat membantu dan bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat artikel nya mantapp, semangat!!

    BalasHapus
  6. Setuju sama artikelnya, kerenn 👍👍

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat informasinyaa

    BalasHapus
  8. Keren, sngat bermanfaat infonya

    BalasHapus

Karoseri Terpopuler di Indonesia

  Hai Sobat Dunia Kampus , kembali lagi di artikel saya, kali ini saya akan membahas mengenai karoseri di Indonesia yang Terpopuler berdasar...